Campaign

Kami dan Desa Quran

Desa Quran, sebuah desa yang kami buat bersama untuk membangun peradaban generasi masa depan. Desa yang berkonsep Qurani dan dikembangkan melalui kebudayaan setempat, ilmu arsitektur dan kekuatan digital. Dalam perjalanannya selama dua tahun, atas dukungan dari berbagai pihak, Desa Quran telah melakukan kontribusi pada bidang pendidikan, ekonomi, dan sosial sebagai bentuk ikhtiar bersama dalam membangun peradaban.

Diawali dari membangun ruang kelas MI untuk belajar anak-anak di Desa Rawakalong yang bebas biaya serta mengecat PAUD di tahun 2015, kemudian kami melanjutkan ke program-program kemanusiaan yang lain pada tahun 2016. Sejumlah relawan Desa Quran diterjunkan langsung untuk membantu korban bencana alam di wilayah Aceh, Garut, Bima serta kebakaran di Baju Pulo. Pada tahun yang sama, para changemaker Desa Quran melakukan program pemberdayaan ekonomi pada ibu-ibu di Desa Rawakalong untuk membuat karpet dari majun-majun sisa produksi kaos Afrakids. Agar para ibu ini dapat mempunyai tabungan pendidikan untuk anak-anak mereka ataupun untuk mencukupi kebutuhan hidup lainnya.

Beranjak pada tahun berikutnya (2017), kami ingin semakin menebar manfaat pada banyak orang. Kami mendirikan asrama tahfidz putri di Desa Quran Rawakalong untuk membantu para santri lebih mudah dalam menghafal Al-Quran. Tidak hanya itu, bersama Yayasan BNI Hasanah Titik, kami membangun MCK umum di Kukuk Sumpung, Rumpin, Bogor untuk memperbaiki lingkungan yang lebih sehat bagi para warga, dan kini pembangunannya sudah 50%. Selain itu, untuk membangun peradaban Desa Rawakalong dalam bidang ekonomi, kami mengembangkan produk sabun, bantal, karpet, dompet, hampers, dan gelang bersama para ibu disana. Adapun kolaborasi pemberdayaan lain yang kami lakukan, yaitu membantu mengembangkan produk tenun stagen dari Desa Moyudan, Yogyakarta.­­

Kami tahu, gerakan yang kami buat takkan ada apa-apanya tanpa bantuan banyak orang dan campur tangan Tuhan. Kami sadar, membangun peradaban tak kan bisa dilakukan sendirian. Sebab itu, kami ingin kita semua bersatu melibatkan diri dalam gerakan ini.

Ayo bergabung bersama gerakan kami dengan menjadi donatur dan mengirim donasi ke Rekening BCA 5520999444 (Yayasan Desa Quran Indonesia)

#AyoJadiPahlawanUmat
#MerawatGenerasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *